Minggu, 07 Desember 2014

GIS : Membuat Kontur Berdasarkan Data DEM


Pada posting sebelumnya sudah kita bahas salah satu cara membuat garis kontur yaitu dengan interpolasi titik yang sudah diketahui ketinggiannya, kali ini kita akan coba membuat kontur dengan menggunakan DEM, apa itu DEM?

DEM adalah suatu data berbentuk raster yang mengandung informasi nilai digital berupa informasi letak (koordinat X dan Y) dan ketinggian lokasi diatas permukaan bumi. Data DEM dapat berasal dari :
  1. Foto Udara stereo 
  2. Citra satelit stereo 
  3. Data pengukuran lapangan : GPS, Theodolith, EDM, Total Station, Echosounder 
  4. Peta topografi 
  5. Linier array image
Karena data DEM memiliki informasi mengenai ketinggian suatu lokasi, maka data ini dapat dijadikan acuan dalam membentuk garis kontur yang menggambarkan lokasi dengan ketinggian yang sama.


Untuk dapat mencoba membuat kontur dengan menggunakan data DEM, silahkan Download contoh data DEM di bawah ini dan ikuti langkah-langkahnya.

  • Buka ArcGIS lalu Add data yang sudah di download tadi berupa data DEM dan batas Kecamatan Cibadak.
  • Data DEM yang tersedia meliputi sebagian wilayah Jawa Barat tepatnya sekitar Bogor, untuk mempermudah maka data kontur yang akan dibuat dipersempeti menjadi hanya meliputi Kecamatan Cibadak.
  • Untuk memperoleh data DEM hanya pada lokasi Kecamatan Cibadak maka Buka ArcToolbox > Spatial Analyst Tools > Extraction > Extract By Mask. Masukan input raster berupa data DEM dan input raster or feature mask data berupa Kecamatan Cibadak.

  • Untuk membuat kontur Kecamatan Cibadak berdasarkan data DEM maka pilih ArcToolbox > 3D Analyst Tools > Raster Surface > Contour. Isikan jendela yang muncul seperti gambar di bawah ini.


  • Hasil kontur dari proses tersebut masih berupa garis kasar karna masih berdasarkan perhitungan komputer, untuk memperhalus garis kontur agar menyerupai kondisi sebenarnya di lapang maka dilakukan dengan cara, pilih Search lalu Tools dan ketikan Smooth Line. Isikan Jendela yang muncul seperti gambar di bawah ini


  • Hasil dari garis kontur yang sudah dihaluskan dapat dilihat pada gambar di bawah ini.



4 komentar:

  1. Metode ini sangat bermanfaat. Kalau ketelitiannya, sampai pada beda tinggi berapa meter ya? Tx.

    BalasHapus
  2. https://anwarionline.blogspot.com

    BalasHapus
  3. terima kasih ilmunya sangat berguna buat saya ngerjain tugas…
    mampir ya ke https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About