Minggu, 14 Desember 2014

GIS : Select Data


Seringkali kita dihadapkan dengan jumlah data yang sangat banyak dan beragam, sedangkan kita hanya akan melakukan proses pada suatu data tertentu saja, untuk itu kita memerlukan pengetahuan mengenai bagaimana memunculkan data yang hanya kita perlukan atau mudahnya kita sebut select data.
Select data ini dapat kita lakukan berdasarkan attribut atau informasi yang terkandung dalam data tersebut ataupun dengan menggunakan lokasi dimana data tersebut berada. Sebelumnya silahkan anda Download terlebih dahulu bahan yang digunakan dalam posting ini.

Jika anda sudah selesai mendownload data yang dibutuhkan kemudian extract data tersebut dan Add data tersebut pada software ArcGIS.

A. Find Features
Find data digunakan apabila kita ingin mengetahui dimana lokasi data feature yang hanya kita miliki informasi nama data tersebut. Sebagai contoh kita ingin menemukan lokasi petak 09 maka ikuti langkah berikut. 
  • Pilih Find lalu buka jendela Feature, isikan nama informasi yang ingin kita cari yaitu "09" (tanpa tanda kutip).
  • Isikan kolom In dengan lokasi feature dimana informasi tersebut disimpan
  • Pada bagian Search, isikan pada field mana anda akan mencari informasi tersebut.
  • Lalu pilih Find, maka hasil pencarian akan muncul pada kolom di bagian bawah, untuk mengetahui lokasi petak 09 maka double klik pada hasil pencarian.
 

B. Select Data By Attribute
Select data by attribute digunakan apabila kita ingin memilih satu atau sekumpulan data yang memiliki suatu informasi tertentu. Contohnya kita ingin mengetahui areal mana saya yang sudah siap untuk dilakukan penanaman atau disebut Ready For Planted (RFP). Ikuti langkah di bawah ini.
  • Pilih menu selection lalu Select By Attributes
  • Pada kolom Layer isikan layer dimana anda akan memilih data lalu pilih metode create a new selection
  • Isikan fungsi yang kan anda gunakan pada kolom yang terdapat di bawah. Contohnya anda ingin memilih areal mana saja yang sudah siap untuk dilakukan penanaman maka isikan "AreaSteatm" = 'RFP' . Apabila anda kesulitan dalam menuliskan formula, anda dapat melakukan dengan cara Double klik pada Field yang anda akan jadikan acuan yaitu AreaStatement yg berada di bawah kolom metode. Setelah itu anda pilih tanda "=" yang ada pada bagian bawahnya dan klik 'Get Unique Values' maka akan tersedia jenis-jenis informasi pada field tersebut, lalu double klik pada 'RFP'. Pilih OK
  • Untuk melihat informasi lengkap dari data tersebut maka klik kanan pada layer Plant_area_cawang. lalu pilih Open Attribute Table.
  • Seluruh areal yang siap untuk ditanam (RFP) kini sudah terpilih. Bagaimana bila yang kita inginkan hanya areal siap tanam dengan luas lebih dari 10Ha (100.000 m2).
  • Pilih kembalik selection lalu select by attribute. Kini ganti metode dengan Select From Current Selection. lalu isikan dengan formula "SHAPE_Area" >= 100000

C. Select Data By Location
Select data by location digunakan apabila kita ingin memilih suatu data berdasarkan lokasinya, tentu dengan kriteria tertentu, seperti contoh memilih data blok yang dilalui oleh jalan utama. Untuk mencoba memilih data berdasarkan lokasi, ikuti langkah di bawah ini.
  • Select terlebih dahulu data Jalan Utama yang terdapat pada layer Jalan_cawang (lakukan seperti Select By Attribute)
  • Pilih menu Selection lalu Select By Location. 
  • Pilih metode Select features from dan check list pada layer Blok_cawang
  • Pada bagian Source Layer pilih Jalan_cawang dan check list Use selected features.
  • pada bagian Spatial selection method pilih intersect the source layer feature (tergantung kebutuhan anda)
  • lalu pilih OK

  • lihat pada tabel atribut Blok_cawang, data yang terpilih adalah data blok yang dilalui oleh jalan utama. 
 


Semoga bermanfaat...

5 komentar:

  1. pak, kalo data yang mau di masukkan ke dlm select by attributs itu dua
    cth: "desa"='bangunharjo' or 'panggungharjo
    tp yg keluar malah eror trus invalid statement was used..

    BalasHapus
  2. terus bagaimana pak? itu salah penggunaan atau bagaimana?

    BalasHapus
  3. "bangunharjo" Bukan 'bangunharjo'
    pakai tanda kutip double bukan single

    BalasHapus
  4. bedanya select by attribute dengan select by location yang lebih spesifik apa yah pak?

    BalasHapus
  5. Menambah pembelajaran bagi saya...walaupun belum begitu paham,,saya akan mencoba..ditunggu kembali share tentang GIS lainnya..
    mampir sebentar ke website kampus saya :http://www.atmaluhur.ac.id/ dan website saya :https://harmoko.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About